Cara Cepat Membesarkan Ayam Kampung dalam Waktu 3 Bulan

Cara Membesarkan Ayam Kampung.


Pada tulisan ini saya akan membahas tentang cara cepat membesarkan ayam kampung dalam waktu 3 bulan saja. Cerita dari pengalaman saya ini dimulai dari bulan Juni saat lebaran Idul Fitri 2017.

 Cara Cepat Membesarkan Ayam Kampung dalam Waktu 3 Bulan

Langsung saja ya, pengalaman cara cepat membesarkan ayam kampung dalam waktu 3 bulan ini bermula ketika saya sedang senang-senangnya hobi ternak ayam kampung dan ayam bangkok.

Saya berpikir, kenapa ayam kampung saya ini tidak cepat besar padahal usianya sudah lebih dari 3 bulan. Lalu ada ide, pasti ketemu cara cepat membesarkan ayam kampung meski ayam kampung saya ini bukan dari Joper atau Jawa Super.

Karena tekad sudah bulat dan niat karena semangat, mulailah saya memelihara 8 ekor ayam kampung biasa di samping rumah yang baru menetas sehari dari eraman induknya.

Dari 8 ekor anak ayam itu saya ambil untuk ditaruh di dalam kandang berukuran kecil dengan diberi penghangat lampu bohlam 5 watt lengkap dengan makan dan minumnya.

Hari demi hari, minggu demi minggu, dan bulan demi bulan berjalan, ayam yang saya ternak mulai kelihatan hasilnya. Tidak dijual, tapi segaja saya jadikan indukana terlebih dahulu.

Dari sebanyak 8 ayam itu, masih tersisa sebanyak 4 ekor dimana 1 ekor induk betina dan 3 ekor induk jantan. Berjalan 1 tahun, masing-masing ayam tadi mulai berkembang biak, betina sudah mulai bertelur dan jantan kawin dengan ayam betina saya yang lain.

Hasilnya, sebanyak 3 ekor induk saya yang betina mulai bertelur dari ayam jago 3 ekor tadi yang ukurannya lumayan besar seperti ayam kampung super.

Hingga kini saya sudah memiliki ayam kampung yang siap panen, bisa dijual maupun di potong untuk diambil dagingnya atau bisa juga untuk bahan indukan lagi.

Cara Membesarkan Ayam Kampung Super.


Agar ayam kampung Anda juga cepat besar dalam waktu 3 bulan, coba ikuti caranya seperti ini:

1. Saat masa induk ayam kawin, berilah pakan yang banyak dan berprotein tinggi agar telur yang dihasilkan besar-besar dan bisa menetas semua.

2. Setelah telur ayam kampung menetas, biasanya membutuhkan waktu 40 hari dari awal mulai bertelur, biarkan anak ayam bisa berjalan terlebih dahulu.

3. Setelah itu ambil dan tempatkan anak ayam kampung ke dalam kandang khusus yang tertutup dari hembusan angin malam dengan dikasih karung, tamah juga lampu penghangat cukup 5 watt saja.

4. Pada usia 0 hari sampai 25 hari kasih pakan yang memiliki protein tinggi seperti tepung ikan, lipur BRO 1, dan lainnya untuk memacu pertumbuhan awal.

5. Usia 26 hari hingga 3 bulan, kasih pakan campuran konsentrat pabrik 25%, bekatul 25%, jagung halus 25%, dan nasi 25%. Jangan lupa dikasih minum bervitamin.

6. untuk menambah serat, Anda bisa memberikan air rebusan dari dedaunan pepaya, singkong, atau kangkung.

Usahakan semua pakan yang diperlukan pada masing-masing fase pertumbuhan tercukupi agar ayam kampung yang Anda ternak bisa cepat besar dalam waktu 3 bulan.

Jika Anda ingin ternak ayam kampung super yang bukan keturunan ayam broiler, dan kebetulan sedang tinggal di Jepara, silahkan datang langsung ke alamat saya di Jalan Kalitekuk RT 03 RW 01 Desa Ngabul Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.

Saya menyediakan ayam kampung super asli bukan keturunan broiler yang pertumbuhannya dua kali lebih cepat dari ayam kampung biasa.

Perbedaan ayam kampung super hasil ternakan saya dengan ayam kampung biasa adalah dari segi perawatan dari indukan hingga pembesaran usia 3 bulan.

Untuk informasi dan pemesanan ayam kampung super di Jepara, silahkan langsung menghubungi saya di nomor seluler 085 280 425 323.

Komentar

  1. Pakan Ayam Yang Baru Menetas menjadi hal penting yang wajib anda ketahui sebagai peternak ayam. Untuk membudidaya atau beternak ayam butuh pengalaman dan pengetahuan yang mendalam dari tata cara memelihara mulai dari telur, menetas hingga dewasa. Kami merekomendasi artikel https://pemainayam.club/pakan-ayam-baru-menetas/ untuk anda para pemula yang baru saja terjun di bidang ayam ini :)

    Semoga Bermanfaat ya.. #salamsatuhobi

    ayam jago

    BalasHapus

Posting Komentar